.dateHeader/>

Urutan dan Pengertian Konfigurasi Kabel Straight Through dan Cross Over

Tags

Pejelasan Tentang Kabel Konfigurasi

Straight Through dan Crossover


     Halo kawan ID-Libra, kali ini saya akan membahas tentang Apa sih Urutan dari Kabel yang berkonfigurasi Straight Through dan Crossover dan Penjelasan dari Masing Masing Konfigurasi tersebut yaitu Cross Over dan Straight Through.

     Karena jenis kabel UTP yang sering di gunakan dalam membuat sebuah jaringan maka pengkabelasn kabel UTP yang akan kita pelajari. Dalam menghubungkan jaringan dengan menggunakan kabel UTP terdapat 2 tipe pengkabelan yaitu tipe pengkabelan straight through dan tipe pengkabelan crossover.

A. Pengertian Tentang Kabel Konfigurasi Straight Through dan Urutan Kable Berkonfigurasi Straight Through.

     Tipe pengkabelan straight through digunakan untuk menghubungkan antara PC ( Personal Computer ) dengan perangkat switch. Pengkabelan tipe Straight Through urutan warna kabel yang terpasang pada konektor RJ45 pada ujung yang satu sama dengan urutan warna pada ujung pada ujung yang lain.


Urutan Kabel Ujung Pertama Straight Through :

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Urutan Kabel Ujung Kedua Straight Through :

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

B. Pengertian Tentang Kabel Konfigurasi Crossover dan Urutan Kable Berkonfigurasi Cross Over.

     Tipe Pengkabelan Kabel Berkonfigurasi Crossover  digunakan untuk menghubungkan antara PC ( Personal Computer ) dengan PC atau menghubungkan antara HUB dengan HUB. Pengkabelan tipe crossover  Urutan warna kabel yang terpasang pada konektor RJ45 pada ujung yang satu tudak sama dengan urutan warna pada ujung yang lainnnya.


Urutan Kabel Ujung Pertama Crossover :

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Urutan Kabel Ujung Kedua Crossover :

  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

C. Langkah Pengkabelan / Membuat Kabel UTP Konfigurasi Straight Through dan Cross Over.

Bahan - Bahan Membuat Kabel UTP / Kabel LAN Sendiri :



  1. Tang Crimping ( Crimping Tool )
         Tang Crimping atau Crimping Tool akan kita gunakan untuk mengunci RJ45 yang sudah kita pasang dengan kabel UTP atau Kabel LAN. Tentunya sebelum kita kunci, kabel LAN atau UTP harus kita urutkan sesuai dengan konfigurasinya sendiri sendiri kemudian kita rapikan. Setelah kita rapikan baru kita kunci menggunakan Tang Crimping atau Crimping Tool. Crimping Tool tidak hanya bisa kita gunakan untuk mengunci RJ45 saja, pada Crimping Tool tersedia Fitur untuk mengupas kabel dan memotong kabel yang berada pada bagian tengah Crimping Tool.
  2. Konektor RJ45

         Konektor RJ45 nantinya akan kita gunakan untuk mengubungkan kabel LAN atau UTP ke komputer. Bentuk Konektor RJ45 seperti kotak kecil bewarna putih.
  3. Kabel UTP / Kabel LAN

         Kabel UTP nantinya kita hubungkan dengan RJ45 kemudian kita kunci menggunakan Crimping Tool.
  4. Lan Taster

         Setelah semua langkah atau tahap tahap sudah di selesaikan dan anda merasa sudah menyelesaikan atau merasa kabel UTP atau LAN yang kamu buat sudah benar, kita tes terlebih dahulu menggunakan LAN Tester. Kita bisa mengetahui benar salahnya melalui lampu yang menyala. Misal, kabel straight through jika di tes pada Lan Tester maka Lampu akan menyala secara berurutan dari angka 1 sampai angka 8.

Tutorial Merakit Kabel UTP / Lan Sendiri :

  1. Siapkan peralatan kabel yang dibutuhkan kabel UTP, konektor RJ45, Crimping Tool, dan Kabel Tester.
  2. Kupas bagian luar kabel UTP ( Pembungkus Kabel kecil warna warni ) kita kira sepanjang 2 - 3 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang ada pada Crimping Tool ( Pada bagian seperti 2 buah silet yang salaing berhadapan.
  3. Pisahkan dan kelompokan 4 pasang kabel yang ada dan uraikan pasangan - pasangan kabel tersebut.
  4. Susun kabel sesuai dengan keperluan untuk konektor pertama susun dengan susuna standar untuk Straight.
  5. Rapikan susunan kabel, dan potong ujung kabel yang tidak nata dengan pemotong kabel yang ada pada Crimping Tool ( Bagian yang memiliki 1 buah Pisau ) pastikan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel masuk pada konektor RJ45 tersebut.
  6. Masukan kabel ke konektor RJ45 sampai ujung ujung kabel terlihat depan konetor RJ45.
  7. Setelah yakin posisi kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ45 masukan kabel berkonektor RJ45 ke Crimping Tool untuk di Pres. Saat konektor di dalam Crimping Tool pastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian depan konektor RJ45 dengan mendorong kabel kedalam RJ45. Posisikan juga sebagian pembungkus kabel RJ45.
  8. Tekan Crimping Tool supaya semua pin pada konektor RJ45 masuk dan menembus pelindung label kabel kecil. Jika dalam menekan Crimping Tool kuran kuat, maka kemungkinan kabel tidak tersobek oleh pin RJ45 sehingga kabel tersebut tidak konek dan apabila pembungkus luar kabel tidak masuk ke dalam konektor RJ45, Apabila kabel tersebut sering mengalami pergeratan maka posisi kabel akan bergeser.
  9. Ulangi langkah langkah di atas untuk ujung kabel yang lain. Perhatikan susuna warna kabel apakah menggunakan tipe straight through ataukah menggunakan tipe crossover ?.
  10. Setelah kedua kenoktor terpasang pada kabel UTP lakukan tes pada kabel dengan menggunakan kabel tester.
     Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi agan agan, apa bila kalian ada langkah yang masih bingung bisa bertanya di kolom komentar di bawah. Saya akan berusaha menjawabnya jika saya memang bisa. Mohon maaf jika ada salah salah kata, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel Terkait

1 komentar so far

makasih gan artikelnya :D jadi tambah ngerti deh

Komentar kalian sangat bermanfaat bagi kemajuan blog saya nantinya. Harap menggunakan bahasa yang sopan untuk bertanya dan berkomentar. Menggunakan "LINK" saat berkomentar sama dengan "SPAM"
EmoticonEmoticon