.dateHeader/>

Tutorial Membuat Table Pada Blog

Cara Membuat Tabel Pada Artikel / Postingan Blog


     Halo kawan ID-Libra, kali saya akan share tentang Tutorial Membuat Table Pada Blogger atau Blogspot. Karena terbatasnya fitur fitur yang ada di blogger, tidak selengkap apa yang ada di microsoft office pasti masih banyak orang yang bingung menggunakan Blogger untuk mengetik artikel. Bagaimana menghias atau merapikannya tidak semua bisa kita lakukan atau kita kuasai karena terbatasnya pengetahuan yang kita miliki.

     Oleh karena itu, karena terbatasnya fitur fitur yang telah di sediakan oleh blogger, maka blogger menyediakan Fitur mengedit dengan menggunakan script HTML yang bisa kalian lihat di pojok kiri atas saat membuat artikel. Untuk penampakannya bisa lihat screenshot layar di bawah yang sudah saya sediakan :D


     Disitulah tempat dimana kita bisa melakukan suatu hal seperti menambah fitur fitur yang tidak ada pada blog yan seperti ada pada microsoft office. Untuk membuat table pertama buka Tab HTML tersebut terlebih dahulu. Kemudian setelah terbuka, ketikkan Code HTML seperti berikut :

<table border="1" width="100%">
<tr>
<td>KOLOM SATU</td>
<td>KOLOM DUA</td>
<td>KOLOM TIGA</td>
<td>KOLOM EMPAT</td>
<td>KOLOM LIMA</td>
</tr>
<tr>
<td>KOLOM SATU</td>
<td>KOLOM DUA</td>
<td>KOLOM TIGA</td>
<td>KOLOM EMPAT</td>
<td>KOLOM LIMA</td>
</tr>
<tr>
<td>KOLOM SATU</td>
<td>KOLOM DUA</td>
<td>KOLOM TIGA</td>
<td>KOLOM EMPAT</td>
<td>KOLOM LIMA</td>
</tr>
</table>
Maka akan menjadi seperti di bawah :

KOLOM SATU KOLOM DUA KOLOM TIGA KOLOM EMPAT KOLOM LIMA
KOLOM SATU KOLOM DUA KOLOM TIGA KOLOM EMPAT KOLOM LIMA
KOLOM SATU KOLOM DUA KOLOM TIGA KOLOM EMPAT KOLOM LIMA

Keterangan :

<tr> </tr> : adalah Table Row, Tag yang akan kita gunakan untuk membuat berapa jumlah atau banyak baris yang kita inginkan. Dengan ini kita bisa membuat Jumlah barus table yang kita inginkan sendiri.

<td> <./td> : adalah Table data, disinilah berapa jumlah kolom yang kita inginkan untuk di buat pada postingan Blog.

# Cara Menggabungkan Table pada Tag HTML

     Untuk tambahan, jika agan ingin menggabungkan kolom atau baris pada table seperti merge and center bisa menggunakan tag html yaitu colspan dan rowspan. Caranya adalah memasukan tag colspan atau rowspan di dalam Tag <td> kemudian memasukan colspan atau rowspan ditambah jumlah kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan. Gambarannya seperti ini :
<td colspan="3"> 
     ~ maka saya menggabungkan kolom sebanyak 3 kolom. Ganti warna merah dengan jumlah kolom yang ingin kalian gabungkan.

     Untuk menggabungkan baris pada table kolom HTML bisa menggunakan tag rowpan menjadi :
<td rowspan="3"> 
~ maka saya menggabungkan baris kolom pada table sebanyak 3.

     Oke, cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah salah kata, jika ada yang masih bingung atau ada yang ingin menambahkan saya akan sangat berterimakasih. Silahkan bertanya atau memberi sara pada saya dengan cara mengisi Kolom Komentar di bawah, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel Terkait

2 komentar

Mantap gan, tambah ilmu buat blogger newbie seperti saya

hehe .. sama sama baru belajar kok ;)

Komentar kalian sangat bermanfaat bagi kemajuan blog saya nantinya. Harap menggunakan bahasa yang sopan untuk bertanya dan berkomentar. Menggunakan "LINK" saat berkomentar sama dengan "SPAM"
EmoticonEmoticon